Jumat, 27 Juli 2012

DPRD KAUR PROPINSI BENGKULU BELAJAR KE INDRAMAYU


SERGAP INDRAMAYU*) Rombongan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kaum Propinsi Bengkulu Sumatera Selatan  melakukan studi banding mengenai Retribusi Pelayanan Pasar dan Retribusi Pelelangan Ikan  ke DPRD Kabupaten Indramayu, Kamis (26/7). Rombongan diterima oleh Pimpinan dan Anggota  DPRD Kabupaten Indramayu H.Juendi,M.Si,  DPPKAD Kab.Indramayu diwakili Drs. Edi santoso,MM , Disperindagkop dan UKM Kab.Indramayu H. Warjo, MM, Kabag Hukum Setda Kab.Indramayu Drs.H. Maman Kostaman, SH dan beberapa jajaran eksekutif lainya

Ketua Komisi  DPRD Kabupaten Kaum Heryan Mukhsin, ST  yang memimpin rombongan mengatakan, pemilihan studi banding ke Kabupaten Indramayu  didasarkan pada hasil informasi bahwa Kabupaten Indramayu merupakan yang terbaik di Propinsi Jawa Barat  dalam pengelolaan Retribusi Pasar dan TPI adalah Kabupaten Indramayu.

"Kami ingin melihat dengan jelas bahwa Kabupaten Indramayu yang terletak di pesisir pantai yang letak geografinya hampir sama dengan Kabupaten Kaum sudah mampu mengelola retribusi Pasar dan TPI dengan pencapaian PAD milyaran rupiah, oleh karena itu kami tertarik untuk datang kesini, katanya ketika menyampaikan maksud dan tujuan diruang DPRD Kab.Indramayu.

Kabid PAD DPPKAD Kab.Indramayu Drs.Edi Santoso,MM menyampaikan bahwa yang menjadi rujukan pembahasan ini adalah Undang Undang Nomor  28 tahun 2009 tentang  Pajak Daerah dan Retribusi Daerah dimana dalam pelaksanaan Undang Undang tersebut pihaknya sudah membuat  Perda Kab.Indramayu nomor 3 tahun 2012 tentang  Retribusi Jasa Usaha, lebih lanjut menurut edi jumlah Pasar Daerah dan TPI dikabupaten Indramayu masing masing sebanyak 13 telah mampu membuat terobosan baik Pasar Daerah yang sudah melakukan kerjasama dengan developer dalam pembebasan tanah dan tahap pembangunan pasar maupun TPI yang sudah membangun kerjasama dengan KUD Mina sebagai corong penumbuhan perekonomian masyarakat petani nelayan di Indramayu , sehingga secara efektif pelaksanaan Retribusi Pelayanan Pasar dan Retribusi Pelelangan Ikan telah mampu menyumbangkan untuk PAD Indramayu  milyaran rupiah.imbuhnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perindag Koperasi dan UKM Kabupaten Indramayu Drs.H.Warjo,MM, menyampaikan bahwa pendapatan Retribusi Kabupaten Indramayu dari target 2011 sebesar 1,6 Milyar pada tahun 2012 ini meningkat menjadi 2 Milyar hal ini sudah dibuktikan dengan kenaikan angka sebesar 700 – 1,5 Milyar sebagai bukti pelaksanaan pendapatan pada triwulan kedua tahun 2012 “ kami sudah memenuhi 50 % dari target yang direncanakan pada TA.2012, Sehingga Retribusi Daerah kabupaten Indramayu pada sektor ini dari tahun ke tahun terus meningkat,pungkasnya             ( Ihsan )

1 komentar:

  1. Peserta yang hadirdari DPRD Kaum adalah : Heryan Mukhsin, ST. Drs. Arjun Thahari, Siswono, Ahmad Musi, SH, Alwi, Hj. Sri Harlina dan Amier Hamzah ditambah 3 staf DPRD dan 2 staf Komisi.

    BalasHapus